Buah Carica, Buahnya Para Dewa

Buah Carica, Buahnya Para Dewa

buah carica

Manisan carica merupakan makanan khas Wonosobo yang terbuat dari bahan dasar buah carica. Buah dengan nama latin Vasconcellea Cundinamarcensis, masih tergolong dalam kelompok pepaya, tetapi buah carica memiliki ukuran lebih kecil. Buah dengan rasa unik ini hanya bisa tumbuh pada dataran tinggi Dieng.

Pada ketinggian 1500 sampai 3000 meter di atas permukaan laut di Dieng, curah hujan yang tinggi dan keadaan tanah yang basah, buah ini hanya bisa tumbuh dengan subur, tidak salah jika dinamakan buahnya para dewa.

Buah ini masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda, awal mula buah ini adalah di Pegunungan Andes. Keunikan lainnya jika dibandingkan dengan pepaya pada umumnya adalah ukuran dari buah carica. Buah carica memiliki panjang buah 3-10 cm dan tinggi pohon sekitar 1-2 meter.

Buah carica berwarna hijau saat mentah dan akan berubah menjadi kuning jingga saat akan masak. Bagian dalam terdapat biji yang terletak dibagian tengah, yang terbungkus lendir putih. Buah carica memiliki rasa asam tapi harum, pada bagian selaput bijinya akan sedikit terasa manis.

Manisan Carica

Buah carica biasanya diolah menjadi manisan carica, karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi bila dibandingkan penjualan dalam bentuk mentah.

Pada dasarnya pengolahan manisan carica cukup mudah, tetapi kalau dalam hanya sekedar bisa saja belumlah cukup, perlu adanya pengetahuan baik dari segi kualitas mutu pangan, penanganan bahan dasar dan penanganan hasil akhir produk. Agar produk yang dihasilkan benar-benar memenuhi standar mutu baik dari segi kebersihan dan keamanan pangan, sehingga aman untuk konsumen.

Wonosobo merupakan central industri manisan carica, dari industri skala kecil sampai skala besar ada. Bagi Anda penggemar manisan carica, dalam pemilihan harusnya lebih selektif dan teliti. Sebab tidak semua industri selalu menjaga kualitas produk, ada yang lebih menginginkan keuntungan yang tinggi. Misalnya penggunaan gula buatan yang lebih murah dan bahan pengawet untuk ketahanan produk yang lama.

Kemasan manisan carica yang banyak di jumpai adalah jenis gelas jar atau cup mangkok, disamping kemasan tersebut juga tersedia jenis kemasan Pouch yang masih sedikit dipasaran.

Manisan Carica Sumbing Segar

Bagi Anda yang mencari kualitas manisan carica baik dari segi rasa, tampilan, kualitas kebersihan, jaminan mutu dan harga yang sangat murah. Tidak salah jika Anda mencoba manisan carica Sumbing Segar olahan industri rumah tangga Oafindo. Dengan bahan dasar carica pilihan dan penggunaan gula alami. Dan manisan carica yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Bagi Anda yang ingin mencoba dan menikmatinya, tidak perlu ragu, Anda lah yang menentukan dan memilih sendiri.

Info Lain:

    tentang carica buah dewa dewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here