Ciri-Ciri Buah dan Manisan Carica

Ciri-Ciri Buah dan Manisan Buah Carica

ciri ciri buah carica

Ciri-Ciri Buah Carica yang Baik

Buah carica atau bahasa latinnya Carica Pubescens adalah buah yang hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng. Buah yang masih tergolong dalam kelompok pepaya ini mempunyai spesifikasi buah yang unik.

Tanaman buah carica merupakan pohon kecil atau perdu yang tidak berkayu, mirip dengan pepaya biasa. Tetapi cabang dari pohon carica lebih banyak jika dibandingkan dengan pohon pepaya. Umumnya semua bagian tanaman lebih kecil.

Pohonnya hanya memiliki tinggi 1-2 meter, bunga jantan memiliki tangkai yang panjang sekitar 15 cm, sedangkan bunga betina memiliki cabang yang lebih besar dan tangkai keras juga pendek.

Buah carica berbentuk mirip dengan telur dengan panjang 6-10 cm dan diameter 3-5 cm. Saat mentah buah ini berwarna hijau gelap Saat buah mulai matang berbentuk bulat telur sangsang dengan ukuran 6-15 cm x 3-8 cm, daging buah yang keras, rasa yang asam tetapi harum, berwarna kuning-jingga serta sekeliling rongganya terdapat biji yang sangat banyak terbungkus oleha sarkotesta yang berlendir dan berair.

Buah carica yang memiliki rasa yang asam kebanyakan di olah menjadi manisan carica oleh penduduk sekitar, selain untuk menunjang nilai ekonomi masyarakat juga karena buah carica yang memiliki banyak manfaat sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Ciri-Ciri Manisan Carica yang Baik

Manisan carica adalah olahan dari buah carica yang ditambah dengan larutan gula dan sari biji buah carica, dengan proses sterilisasi dan hot filling saat pengemasan. Biasanya di kemas dengan kemasan gelas jar atau cup mangkok. Semakin banyaknya minat konsumen akan kelezatan manisan carica, banyak industri rumah tangga yang mencoba membuat produk ini. Baik skala kecil atau pun skala besar.

Industri tersebut berlomba-lomba dalam menciptakan suatu produk inovatif baik dari segi rasa atau penampilan. Dan tidak banyak pula untuk menciptakan suatu produk yang menarik konsumen, melakukan hal yang tidak baik, sehingga membahayakan bagi konsumen yang mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah ciri-ciri manisan carica yang baik, yaitu :

1. Manisan carica yang baik pertama adalah penampilan dari luar kemasan, apabila produk tersebut memiliki larutan yang gelap atau keruh, mungkin proses filtrasi pada sari biji buah carica kurang maksimal.

2. Selain larutan yang gelap, kadang Anda memilih produk manisan yang memiliki warna yang terlalu mencolok, yaitu kuning terang. Untuk penampilan tersebut jangan mudah tergiur sebab, warna yang terlalu terang bisa jadi karena penggunaan pewarna yang berlebihan.

3. Tektur dari manisan carica yang baik adalah tidak terlalu keras ataupun lembek, biasanya jenis manisan carica yang baik adalah memiliki tekstur yang pada saat digigit akan terasa agak krispi dan terasa asam manis dari buah carica.

4. Rasa manis sangatlah identik dengan manisan carica, rasa manisan yang tidak manis atau terlalu manis akan mengurangi nilai jual dari manisan sendiri, sehingga perlu dilakukan uji panelis untuk menentukan kesesuaian rasa yang cocok. Di pasaran kadang menemukan jenis manisan carica yang apabila di makan, membuat sakit tenggorokan, produk yang seperti itu kemungkinan menggunakan pemanis buatan dalam pengolahannya. Hal itu ditujukan untuk mengurangi biaya produksi.

5. Masa simpan dari manisan carica tergolong lama, Anda sebagai konsumen harus lebih teliti dan jeli, jangan mudah tergiur dengan masa simpan produk yang lama. Kemungkinan produk yang memiliki tahan yang lama penggunaan zat pengawetnya terlalu berlebihan. Standar adalah untuk kemasan gelas jar 1-1,5 tahun sedang untuk kemasan cup mangkok plastik antara 7-8 bulan.

Salah satu rekomendasi manisan carica yang baik adalah manisan carica Sumbing Segar, produk olahan Oafindo. Memiliki penampilan yang menarik warna buah tidak terlalu terang dan gelap serta penambahan zat pewarna, sedang bahan pengawet yang sudah sesuai dengan Dinas Kesehatan dan tanpa penggunaan pemanis buatan dengan gula alami asli.

Banyak produk manisan carica dengan berbagai merk di pasaran, sekarang tinggal Anda yang menentukan, mana manisan carica yang baik untuk Anda dan keluarga. Jadi jangan ragu untuk membeli manisan carica, makanan khasnya Wonosobo.

Info Lain:

    kadLuasa karika, kriteria manisan yang baik, ciri ciri manisan yang baik, ciri ciri manisan, kriteria manisan buah yang baik, manisan buah yang baik jika digigit akan, ciri ciri carica, manisan buah yang baik jika digigit terasa, ciri ciri manisan buah yang baik, pengemasan karika, ciri ciri buah carica, batas expired manisan mangga, vontoh manisan carica, cara mengawatkan karika, cara mengukur kadar keasaman manisan carica