Buah Karika

Buah Karika

buah carica dieng

Buah karika atau carica adalah buah yang hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng.  Dalam penulisannya sering salah tulis, kebanyakan ada yang menulis dengan nama buah karika. Sebenarnya penulisan buah karika ini tidak begitu bermasalah, karena dalam pelafalannya sama saja.

Buah karika merupakan kerabat dari buah pepaya atau juga Vasconcellea cundinamarcensis, syn, Carica pubencens, Carica quercifolia dll. Buah ini tumbuh subur di dataran tinggi, kira-kira pada ketinggian 1.500-3.000 meter di atas permukaan laut.

Di Wonosobo karika banyak di jumpai dengan nama carica. Selain di Dieng buah karika juga tumbuh di Bali tetapi dengan nama Gedang Memedi.

Klasifikasi Buah Karika

Klasifikasi buah karika dalam segi ilmiah :

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi      : Magnolophytha
  • Kelas      : Magnoloplida
  • Ordo       : Brassicales
  • Family    : Caricaceae
  • Genus     : Vasconcellea
  • Species   : V. Cundimarcensis

Buah karika dengan karakteristik buah yang bulat telur, panjang 6-10 cm, diameter 3-4 cm, buah karica mentah berwarna hijau pucat, jika masak akan berubah berwarna kuning jingga, panjang 6-15 cm x 3-8 cm. Memiliki rasa asam tetapi pada dekat selaput biji sedikit terasa manis. Memiliki banyak biji dengan selaput sarkotesta yang berlendir dan berair yang menyeliputi.

Manfaat Buah Karika

Manfaat buah karika dilihat dari segi kesehatannya adalah :

1. Melancarkan Pencernaan

Buah karika kaya akan serat, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan makanan dan pembuangan, salah satunya adalah jika Anda ada masalah pada buang air besar.

2. Menyehatkan Usus

Dengan kandungan enzim papain dipercaya dapat menetralkan pH pada usus, serta dapat membunuh bakteri jahat pada usus, sehingga usus Anda tetap terjaga kesehatannya.

3. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dan E dalam buah karika. Disini vitamin C berperan dalam melindungi kulit dari kekerutan kulit, radikal bebas yang dapat merusak kulit. Sedangkan vitamin E tak lain adalah melindungi dari pancaran sinar UV matahari, sehingga kulit tetap sehat.

4. Kondisi Mata tetap Terjaga

Kesehatan mata tetap terjaga, dalam arti sehat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, dapat mencegah Anda untuk penyakit mata, salah satunya adalah rabun jauh.

5. Sumber Energi

Kandungan vitamin B komplek dipercaya dapat sebagai sumber energi, sebab kandungan vitamin B komplek dapat membantu proses metabolisme tubuh.

Selain karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah karika juga memiliki manfaat lain, misalnya diolah menjadi manisan carica. Hal tersebut dapat menambah penghasilan ekonomi bagi masyarakat Wonosobo pada khususnya.

Jadi bagi Anda jangan ragu untuk mencoba menikmati manisan carica ini.

Info Lain:

    karika, karikaff, k arika, lilis carica bogil art